Bung Karno pernah mencetuskan Jas merah: Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah. Hal itu penting sekali diingat sejarah, tradisi dan warisan budaya bangsa Indonesia penting untuk dimengerti generasi masa kini. Hal-hal baik dan buruk di masa lalu adalah pelajaran berharga untuk maju.  Hal itulah yang menginspirasi Seruni Bodjawati, pelukis muda mendunia untuk melestarikan budaya Indonesia. Nah, kali ini Kak Seruni yang juga berprofesi sebagai dosen dan penggiat budaya lulusan S2 Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini membagikan cara sederhana menjaga warisan budaya Indonesia kepada kita semua. Bagaimana caranya?

Yuk, langsung simak hasil interview Iffah Zehra (Desainer, Kepala Redaksi PPI TV & Chief Web Officer PPI TV) dengan Kak Seruni!

Pertama: Mau mengenali dan mengapresiasi berbagai artefak peninggalan tradisi dan warisan budaya bangsa

Tak kenal maka tak sayang. Dewasa ini, kebudayaan Indonesia kurang diminati, khususnya oleh kaum muda. Padahal ada banyak pelajaran berharga yang bisa diperoleh dengan mengenali dan mempelajari berbagai warisan budaya bangsa.

Kedua: Jika ada waktu luang, nikmatilah pesona alam lokal yang mencerminkan kekayaan habitat terbentuknya tradisi dan warisan budaya negara kita

Menelusuri dari mana tradisi dan budaya kita terbentuk dapat meningkatkan keinginan kita untuk mengenal dan terus mempelajarinya. Menjelajahi pesona alam lokal Indonesia seperti di pedesaan dapat melatih perasaan kita untuk berempati dan bersosialisasi dengan orang yang berbeda-beda.

Ketiga: Kunjungilah tempat-tempat bersejarah seperti museum atau cagar budaya, biayanya lebih rendah daripada traveling keluar negeri namun pengalamannya bisa jauh lebih fantastis

Dengan cara ini, di samping menghemat pengeluaran, kita juga bisa memperluas wawasan dan mendapatkan ilmu. Indonesia memiliki ratusan museum dengan tema berbeda-beda yang bisa kita kunjungi, sungguh sayang jika tidak dilestarikan dan diapresiasi.

Keempat: Banyak membaca, menggali ilmu dan berkarya tentang budaya lokal agar bisa dikembangkan menjadi wacana yang bermanfaat bagi masyarakat saat ini 

Kuranganya sumber informasi dapat menjadi salah satu penyebab orang-orang mulai melupakan sejarah. Kehidupan adalah bangku sekolah yang sesungguhnya, jadi jangan pernah berhenti belajar dari mana saja.

Terakhir: Mengadakan kegiatan yang melibatkan lebih banyak orang untuk mengenali peninggalan tradisi dan warisan budaya

Seiring perkembangan zaman, masyarakat Indonesia mulai kehilangan ketertarikan terhadap budaya bangsa. Maka dari itu, kita harus mendorong orang-orang di sekeliling kita agar menyadari betapa pentingnya melestarikan tradisi dan warisan budaya bangsa yang kita miliki ini.

Dengan menikmati keindahan yang ditinggalkan para leluhur kita, rasa cinta pada bangsa otomatis akan bertumbuh. Tak hanya itu, kreativitas, empati dan imajinasimu pun akan meningkat pesat.

___

Narasumber: Seruni Bodjawati (Pelukis Indonesia Muda Mendunia)

*Tulisan yang disampaikan adalah hak cipta Redaksi PPI TV.  Anda dilarang copy/paste tulisan yang ada di situs resmi PPI TV tanpa adanya izin. 

Seruni Bodjawati adalah pelukis muda, dosen dan penggiat budaya lulusan S2 Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Ia telah menerima banyak penghargaan nasionaldan internasional, serta berpameran 50 kali lebih di berbagai negara. Instagram: @seruni_bodjawati

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *