0 0
Read Time:1 Minute, 49 Second

 

Siapa nih, Piders yang suka journaling? Itu loh, nulis ala-ala buku harian alias buku diary. Journaling bisa menjadi salah satu cara untuk menyehatkan mental, lho, Piders. Dengan menulis keseharian kita, itu sama saja kita sedang menuangkan curhatan dan pikiran ke dalam secarik kertas. Besok-besok, bisa dibaca lagi deh. Selain menulis curhatan, journaling juga bisa dilakukan dengan menulis rencana dan target harian.

Pengen journaling, tapi bingung mau mulai dari mana? Atau, sedang mencari cara biar journaling enggak membosankan? Pas banget, nih! Artikel kali ini akan memaparkan sedikit tips supaya journaling menjadi lebih seru anti bosan. Cekidot!

 

  1. Pilih Buku Terbaikmu

Alat journaling yang paling utama, tentu saja, buku! Saat ini tersedia banyak sekali buku untuk journaling dengan versi yang beragam. Ada juga yang polos, sehingga kamu bisa mengisinya sesuka hatimu. Pilih buku yang paling kamu suka dan sesuai dengan kebutuhanmu. Tentu saja, tidak perlu mahal-mahal menguras kantong kalau memang belum ada budget-nya. Jangan hanya karena ikut-ikutan, kamu membeli buku yang mahal padahal buku itu tidak ‘aku banget’.

 

  1. Tulis Apapun, Jangan Batasi Dirimu

Tuangkan apapun yang ingin kamu tuangkan ke dalam buku tersebut. Tiba-tiba kepikiran suatu ide, tulis. Rencana judul film atau series yang mau ditonton, tulis. Kepikiran resep masakan, tulis. Apapun itu, tuliskan saja ke dalam jurnalmu dan jangan membatasi diri. Termasuk pengeluaran harian, boleh banget tuh ditulis juga di jurnal harianmu!

 

  1. Cari Waktumu!

Apa yang kamu lakukan saat bangun tidur? Balesin WhatsApp? Cek timeline Instagram? Journaling bisa jadi solusi aktivitas kamu untuk memulai hari, lho! Coba rencanakan aktivitas yang ingin kamu lakukan di hari itu. Catat juga pengeluaran dan hal-hal yang sudah kamu selesaikan di hari kemarin.

Kalau kamu suka menulis di malam hari, coba tulis rencana yang akan kamu lakukan esok hari. Jangan lupa catat hal-hal menarik di hari itu dan pengeluaran apa saja yang sudah dilakukan.

Menulis di pagi maupun malam hari, semua sama-sama asyik, kok!

 

Journaling bisa menjadi salah satu cara untuk mengorganisir hidupmu supaya lebih tersusun rapi dan terencana. Yang paling penting adalah konsistensi dan kedisiplinan. Tulis apapun yang kamu pikirkan, dan lakukan sesuai keinginan. Selamat menulis! 🙂

 

 

Penulis : Hafizh Nurul Faizah

Editor   : Fathimah Azzahra

About Post Author

PPI TV

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

By PPI TV

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *