0 0
Read Time:2 Minute, 40 Second

 

Piders, siapa nih yang punya hobi baca buku? Adakah yang punya daftar target buku apa saja yang ingin Piders baca di tahun 2022 ini? Atau, barangkali ada yang sedang mencari tips menyenangkan dalam baca buku?

Sebagian orang sangat senang membaca buku. Mereka rela menyisihkan beberapa jam dalam sehari hanya untuk membaca buku. Namun, ada juga orang-orang yang tidak senang membaca lantaran bagi mereka, membaca adalah hal yang membosankan atau melelahkan.

Sebetulnya, membaca buku itu sebuah keharusan bukan sih? Nah, pertanyaan ini bisa beragam nih jawabannya. Ada yang menganggap kalau membaca buku itu seperti makan. Sudah menjadi bagian dari aktivitas keseharian, tetapi ada juga yang sama sekali tidak pernah membaca. Mungkin hanya sekali dua kali saja untuk memenuhi tugas dan kewajiban berkuliah.

Seperti kata pepatah, kalau “Buku adalah jendela dunia”. Ibaratnya memang buku merupakan ‘gerbang’ bagi kita untuk melihat dunia yang lebih luas. Buku menyimpan banyak sekali tulisan-tulisan menarik yang menjadikannya ilmu baru dan tentu saja akan menambah pengetahuan. Mungkin, kita terlanjur bosan dengan buku karena melihat buku pengantar kuliah yang begitu tampak sepaneng dengan pembahasan yang serius, benar bukan? 

Berikut beberapa tips untuk Piders agar semakin gemar dalam membaca!

  • Jadikan Buku Sebagai ‘Makanan’

Coba bayangkan kalau Piders sehari saja enggak makan sama sekali. Apa yang dirasakan? Tentu saja, kelaparan melanda dan sulit tidur saat malam tiba. Nah coba yuk, jadikan buku seperti ‘makanan’ sehari-hari kita. Ibaratnya, kalau sehari enggak baca buku, rasanya kayak ada yang kurang gitu. Sedikit-sedikit, lama-lama nanti akan terbiasa, kok.

  • Temukan Buku yang Kamu Suka!

Kalau kata Mbak Najwa Shihab, cukup dengan satu buku maka kamu akan jatuh cinta dengan membaca. Jadi, untuk Piders yang bingung nih, “Gimana caranya biar bisa suka membaca?” 

Coba temukan satu buku yang bisa membuat kamu jatuh cinta. Nanti, lama-lama Piders akan ketagihan dengan membaca!

  • Tidak Ada Buku ‘Yang Harus Dibaca’

Ada orang-orang yang kerap bilang, “Wah buku ini bagus, kamu harus baca!” atau, “Kalau kamu mau pintar, coba baca buku ini!”

Buku itu ibarat makanan, menyesuaikan selera kita. Jadi, akan sangat mungkin jika selera orang lain berbeda dengan kita, pun sebaliknya. Jadi, tidak perlu ikut-ikutan genre bacaan orang. Baca saja buku yang membuat kalian nyaman karena tidak ada buku yang wajib dibaca, kecuali buku kuliah, tentunya! Hihihi.

  • Membaca Bukan untuk Dianggap Keren

Apa tujuan membaca? Orang-orang memandang kalau mereka yang suka membaca adalah orang hebat dan pintar sehingga orang lain pun ‘berusaha’ untuk menyukai buku supaya dianggap pintar. Padahal, bukan itu tujuan membaca, Piders! Dianggap keren karena membaca, barangkali itu hanya kebetulan semata. Tapi sebenarnya, membaca adalah untuk menciptakan kebahagiaan diri, bukan untuk dianggap keren saja. Kalau mau keren mah, jadi miliarder aja!

  • Membaca Bukan Karena Terpaksa

Coba sisihkan waktu dalam sehari untuk membaca buku seperti pada tips pertama. Tapi, jangan karena terpaksa, ya! Kalau memang sudah lelah, ambil waktu istirahat. Kalau buku yang dibaca membosankan, coba ganti dengan judul buku lain. Dalam mencari buku yang disukai akan sangat mungkin terkena virus ‘bosan’. So, jangan takut bereksplorasi!

 

Nah, bagaimana Piders? Apakah sudah terbuka keinginan untuk mencoba menemukan buku yang disukai? Yuk kita melihat dunia dan berkelana melalui buku-buku yang kita baca. Selamat membaca!

 

Penulis: Hafizh Nurul Faizah

Editor: Adi Suwarno

 

About Post Author

PPI TV

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

By PPI TV

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *